Kamis, 03 Februari 2011

Apa yang dikerjakan Freelance Desain Grafis?

Pertanyaan ini sering diajukan ketika mendengar profesi desainer grafis freelance. Banyak orang yang menganggap membuat kartu nama, undangan, dan sebagainya. Padahal, peran sebuah desain grafis sangat memengaruhi pasar. Sebuah produk akan laku keras dipasaran karena desain kemasannya menarik. Begitu pula sebuah peruahaan akan disegani akan visual crativity sangat tinggi. Perusahaan dan istitusi lainnya beramai-ramai menciptakan suasana menarik melalui media visual. Mulai dari mendesain logo, kartu nama, materi iklan, website, dan media promosi lainya. Mulai banyaknya kebutuhan akan desain membuat bisnis ini tumuh subur dan peminat profesi ini semakin meningkat. Saat ini muncul istilah Industri Kreatif, dimana desain grafis termasuk di dalamnya.


A. Desain Grafis untuk Periklanan (Advertising)
Iklan adalah metode promosi produk tertentu, baik berupa barang dan jasa yang bertujuan agar produk tersebut dikenal dan laku terjual di pasaran. Saat ini, jenis-jenis iklan cukup banyak. Iklan diaplikasikan pada beberapa media, seperti televisi, radio, cetak, internet, dan sebagainya. Iklan harus dibuat semenarik mungkin dan pesan disampaikan harus mengena kepada target konsumennya. Peran seorang desainer grafis tentu sangat dominan hingga jasa desain untuk membuat iklan cukup popular.

B. Desain Web
Penggunaan website sebagai media informasi dan promosi saat ini mengalami peningkatan yang cukup besar. Mulai dari pribadi, komunitas lembaga/instituisi, hingga perusahaan besar menggunakan website. Web dianggap mampu untuk meningkatkan popularitas, hingga tidak jarang para pemilik situs mendesain ulang bahkan melakukan perubahan website-nya menyesuaikan tren yagn berkembang. Aplikasi desain web yagn berkembang saat ini membuat perancangan web semakin mudah dan isntan. Siapa pun dapat membuat web sendiri.
 C. Desain Cover Buku dan Majalah
Desain cover (sampul) buku tidak jauh berbeda dengan konsep desain lainnya pada dasarnya desain cover buku dibuat seunik mungkin untuk menarik perhatian. Desain cover buku haruslah sesuai dengan tema buku tersebut. Jika buku bertema masakan, maka cover buku sebaliknya menampilkan gambar-gambar makanan yang menarik, yang dibahas dalam buku tersebut.

D. Desain Kemasan dan Label
Selain fungsi iklan sebagai media promosi dari sebuah produk, desain kemasan (packaging) produk dan label juga memiliki peranan yang sangat penting. Di samping kualitas produk itu sendiri, nilai tambah sebuah produk juga didapat dari tampilan kemasannya. Mirip cover buku, desain kemasan sebuah produk akan bersaing dengan produk lainnya. Tentu para pembeli merasa yakin jika membeli sebuah produk lainnya. Tentu para pembeli merasa yakin jika membeli sebuah produk yang kemasan dan labelnya terlihat menarik. Pada produk ritel, selain desain kemasannya, bentuk kemasan yang menarik dan sesuai dengan kegunaan produk tersebut jgua akan menambah nilai jual produk.
E. Desain Logo
Logo merupakan bentuk gambar atau sketsa yagn melambangkan dan mewakili sebuah perusahan, perkumpulan, komunitas, produk, dan lain sebagainya. Desain logo harus mampu menjadi identitas visual. Salah satu prinsip penting dalam membuat logo adalah bagaimana logo tersebut dapat menyampaikan pesannya. Pemilihan warna dan bentuk logo harus mampu mewakili kelompok/institusi tertentu. Logo yang dibuat harus mudah dipahami dan dapat bertahan untuk waktu yang lama. Logo tersebut juga harus dapat diaplikasikan dalam berbagai media. Dibutuhkan pertimbangan yang matang dalam membuat logo dan tentunya dibutuhkan biaya yang besar untuk menghasilkan logo yang baik. Pekerjaan membuat logo mungkin tidak sering diperoleh oleh seorang desainer, namun ada beberapa situs yang memberikan peluang untuk mendapatkan keuntungan dari desain logo.
F. Desain Game 
Industri permainan (game) merupakan salah satu industri kreatif yang banyak melibatkan sumber daya manusia kreatif. Berbagai disiplin ilmu masuk dalam industri ini. Banyak orang yang mengira bahwa pembuat game hanyala para programmer saja. Anggapan tersebut tidak benar, karena banyak artis yagn terlibat dalam sebuah proyek pembuatan game, termasuk para desainer grafis. Grafis dalam game memiliki peranan yang sangat penting, mulai dari pembuatan tekstur pada model, pravisualisasi, desain karakter, desain background, dan sebagainya.
G. Desain Cetak
Desain cetak atau (printing design) merupakan karya desain grafis yang memadukan teks, gambar bentuk, foto, atau ilustrasi yang akan dicetak diatas kertas atau media lain yang serupa dengan menggunakan alat pencetak (printer). Umumnya usaha desain cetak dimanfaatkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang percetakan. Beberapa produk yang dihasilkan antara lain: undangan, kartu nama, brosur, dan leaflet.
H. Multimedia Interaktif
Multimedia merupakan penggabungan atau kompilasi antara beberapa media, seperti teks, gambar, video, suara, dan lain sebagainya. Penerapan multimedia interaktif saat ini lebih mengarah kepada aktivitas promosi, baik promosi penjualan produk, maupun promosi bidang jasa perorangan. Hasil karya multimedia interaktif juga banyak digunakan sebagia hiburan (entertaiment), media pembelajaran, dan profil perusahaan. utnuk menghasilkan karya yagn menarik, maka diperlukan sentuhan desain grafis yang menarik pula.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar